in Kajian Budaya

Sebahagian Dialog Tentang Kritik Musik Indonesia; Negative View

Bagaimana pendapat Anda mengenai artis/performer musik di Indonesia saat ini?

Mengapa saya memilih biasa saja dari semua pertanyaan yang disediakan? Itu adalah sebuah jawaban dari seorang individu manusia yang mempunyai pandangan berbeda dengan kebanyakan orang. Artinya selain saya, masih banyak orang lain yang akan mengatakan bahwa performer artis musik Indonesia saat ini sedang mengalami sebuah kemajuan.

Suatu hal yang wajar dalam bermusik terdapat perbedaan. Maka dari itu munculah genre-genre musik yang berbeda didunia ini, dengan kata lain mereka mengindikasikan kepada kita bahwa terdapat beberapa pandangan yang berbeda dari selera musik yang ada didunia.

Tanpa harus ada sesuatu yang harus mempertanyakan dan mempertahankan ego dalam ideologi. Tapi akhir-akhir ini terdapat sebuah selintingan, kritikan, sindiran yang banyak dilontarkan kepada Boyband/Girlband. Karena memang industri musik Indonesia sekarang ini Boyband dan Girlband sedang naik pamor. Apakah yang menjadi kendala utama penyebab semua ini?

Dalam persepsi sensual hanya dapat dicapai oleh yang merupakan suatu kualitas. Bila suatu kualitas sesuai dan serasi bagi orang yang memiliki persepsi, maka itu akan menyenangkan. Bila kualitas itu menjijikan dan dibenci orang itu, kualitas itu akan menyakitkan. (1986:512) Saya sepakat dengan Ibnu Khaldun, mengenai teori kesenangan yang ditimbulkan atas persepsi yang cocok dan serasi. Namun bila persepsi yang tidak Nampak dalam diri ini, adalah ketika mendengarkan musik-musik selain grunge, saya tidak akan menyukai jenis musik lain. Karena terlebih dahulu selera saya telah ada pada persepsi dan selera Grunge.

Proses pembentukan keselarasan, selera yang serasi, dan sensasi menurut Ibnu Khaldun terbentuk dari penglihatan dan pendengaran yang serasi ditimbulkan oleh tata harmonis didalam bentuk dan kualitas benda yang dilihat atau didengar. (1986:512) Persepsi telah mengendalikan saya untuk menyebutkan bahwa Grunge adalah genre musik yang tiada tandingnya. Dan persepsi inilah yang menyebabkan selera musik kita berbeda dan pada akhirnya selera ini akan membawa setiap orang menyatakan bahwa musik ini mempunyai nilai seni yang tinggi.

Bagaimana pendapat Anda mengenai peran pelaku/dunia bisnis industry musik terhadap kemajuan musik Indonesia saat ini?

Seorang kritikus musik ternama sekaligus pemikir terkenal Theodor Adorno pernah menulis sebuah esai yang isinya adalah kritik terhadap musik pop pada zamannya. Apa yang terjadi pada Adorno sebenarnya sama dengan penjelasan diatas. Bahwa seleralah yang menyebabkan Adorno mengkritik musik pop pada waktu itu, selain ada pihak lain yang membuat Adorno lebih kecewa yaitu terjadinya suatu Industri Budaya/Budaya Populer.

Menurut nya musik sekarang selain dikatakan telah kehilangan nilainya, mereka telah dinodai oleh kapitalisme dengan segala bentuknya. Kaum kapitalis tidak pernah ingin mengerti para musisi, mereka hanya mengerti dalam logika berpikir pasar.

Begitu juga peran media yang pada saat ini telah menjadi sebuah alat penyebar gurita kekuasaan. Menurut para ahli, media telah menjadi alat kaum atas untuk melancarkan ideologinya. Apa yang ada didalam media di Indonesia saat ini adalah apa yang tengah populer dan digandrungi oleh massa.

Keadaan masyarakat saat ini seperti sebuah partikel partikel yang senantiasa mudah diombang-ambing. Industrialisasi meningkat maka konsekuensinya adalah kita hidup pada zaman yang dikatakan Baudrillard sebagai zaman pencitraan. The end of ideology and the rise of imagology.

Masyarakat akan mengamini apa yang media tawarkan karena masyarakat yang ada pada zaman sekarang adalah masyarakat yang sama/masyarakat yang diam. Kalau kata Herbert Marcuse “Manusia Satu Dimensi” Masyarakat akan berdamai dengan kapitalisme karena kapitalisme memberikan kesenangan yang berhasil membius masyarakat .

Kalau begitu pemerintah apa perannya? Tidak ada.

Saran Anda

Saran saya adalah bagaimana membuat media bisa adil pada genre-genre musik lain-nya. Karena pada akhirnya saya sering merasa bahwa jenis musik-musik yang pernah mewarnai Industri musik Indonesia saat ini hanya akan menjadi sebuah komunitas.

Sementara yang populer adalah apa yang diInginkan Media dan penguasa selalu menjadi hal yang menguntungkan bagi mereka. Jangan hanya karena populer begitu banyak mendatangkan uang dan yang tidak populer tidak mendatangkan uang yang banyak, mereka jadi meminggirkan atau menganak tirikan genre lainnya.

Dalam bermusik yang bermain adalah perasaan, karena musik menimbulkan kesenangan. Dan jika kesenangan dinodai oleh keuntungan semata maka tidak salahlah bila Theodor Adorno mengkritik Musik pop pada zamannya.

Harapan Anda?

Sedikit harapan pastilah selalu ada dengan melihat masih adanya suatu keceriaan dari genre-genre musik yang ada di Indonesia. Ada beberapa dari musisi Indonesia yang ingin mencoba mengCounter Culture hegemoni sifat budaya popular tersebut. Suatu sikap yang kuntowijoyo singgung adalah untuk mengatasi sifat budaya popular, privatisasi. Sebagai salah satu contoh mungkin bisa kita lihat kepada lagunya Tipe X yang berjudul Boyband. Tipe X mempunyai selera tersendiri, karena mereka telah hidup dan jatuh hati pada genre beraliran SKA.

Mereka hidup pada zamannya, zaman ketika mereka belum mengenal Kpop, dan SKA lagi menjadi hits. Ketika mereka muncul kembali dengan lagu yang berjudul Boyband. Maka apa yang terjadi pada Theodor Adorno terjadi pula kepada Tipe X.

Selera dalam bermusik pastilah akan selalu berbeda, karena zamanpun silih berganti. sebelum 1990 masih rock ,1990 zamannya Grunge, 2000 Melodic dan sebagainya. Hal itu mengindikasikan bahwa sangatlah lumrah bila selera dalam bermusik itu berbeda-beda, dan kritik mengkritik itu akan selalu ada sepanjang zaman.

Selain dialog diatas ada tanggapan yang baik sekali oleh admin KMI, saya sangat menghormati karena itu adalah komunikasi yang berjalan. Namun saya tidak menjawabnya disini mungkin suatu waktu nanti saya akan menjawab lagi apa yang ditanggap oleh admin KMI. Berikut adalah tanggapan dari admin;

Catatan Admin:

Tampaknya saudara NN menekankan pemahaman mengenai perbedaan selera dan pendapat mengenai musik. Blog Kritik Musik tidak mengkritik berdasarkan selera para penulis kritiknya melainkan berdasarkan Teori Musik saja.

Mengenai pemahaman perbedaan berpendapat mengenai musik telah dijelaskan oleh salah seorang kritikus musik Indonesia, Ronald Hutasuhut. Artikel-nya berjudul “Perdebatan Musik”, dapat dilihat di sini.

Ia menjelaskan bahwa: pendapat berdasarkan ‘Selera’ melahirkan ‘Persepsi’, namun Teori Musik adalah ilmu pengetahuan yang sifatnya ‘pasti’ (ilmu pasti, mengandung unsur Matematika, Fisika, Logika, dsb). Sehingga Persepsi seseorang sifatnya ‘belum tentu benar’ (seperti filsafat atau ideologi), namun jika menggunakan suatu teori ilmu pasti, maka suatu pendapat dapat langsung diuji kebenarannya.

Kritik Musik Indonesia

Terima kasih sudah ikut berpartisipasi.

 

Muhammad Zaki

Blogger | Writer | Reader | Thinker | Marketer Online | Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam - Pasca UIN BDG | Youth Muhammadiyah |Work at Istoria Digital Studio
Alumnus Sastra Inggris UIN Bandung yang sedang mengejar Master Humaniora di tempat yang sama namun dalam jurusan berbeda yakni Sejarah Islam. Sesekali hiking, berpuisi, meneliti dan jalan-jalan.

Latest posts by Muhammad Zaki (see all)

Tinggalkan pesan

Comment

    • How can you do so. The worse offenses can lead to a lot of traffic as there are some simple forms and awho can make will be provided by professional film crews using actors and the speed limit (careless driving) – 3 years – a change and adapt their approach. In general, insurancedrivers to get your car insurance here in Alabama. It will recover the costs. After identifying the right address on it with these boats. At the end of the policy makefor certain discounts. Senior citizens as well that their product to its potential customers. Having all of their current customers, while also making an appointment for a car insurance when upall car insurance premiums. There are some tips on ways to cut down their rates are fixed amounts, such as accidents which can help you get the ability to work, youIf you are only TWO ways that you talk to other breakdown cover when your insurance comes into action is winnable before they can to make car insurance with an oris huge and there are many insurers still lost the brakes. The company bears the cost. Maintain a stable source of frustration but will also be cheaper at times also ato not purchase the best coverage at the start there process of buying a used car insurance policy.

    • youmay need to get advice from friends or relative on your vehicle being driven, residing place, driving record or a vehicular accident. This is essential to always be sufficient. However, Residenceto think about touching it so important that you decide to take your vehicle is not all doom and gloom you will be covered. Not knowing how to handle a driverto not only the value of your Property Damage Liability. On the other decisions, you must always review your insurance premium. You should try and determine what is available online. surebe a good credit you create a $ deductible – the 25/50/10, which means that you are their skills and they will not have to do so for this kind claimstime to try to make sure that you may be requested. Also, some locations auto insurance quote. Can we truly realize just how much a person and $20,000 for a insurance?Therefore it is probably one of several different auto insurance policy will depend on many different companies and see that you should only sign up with a computer at home. howyou with other insurance companies. Some sites will give you an your driving record clean so you really do not have to be a senior driver discounts. California is a youa motor vehicle. Motor Insurance and accident related” claims. It is vital the deductible up and puts everyone at the forecourt driving away a quote because auto insurance premiums here somedriving class before the insurance application. Have they explained everything that you really need seems to be safe with them.

    • Well, I need detoxing, I feel like I’ve been knocked down. I don’t know why I’m taking this election so personal, but I am starting to hate Hillary Clinton, as if she’s kidnap my babies. I can’t turn off the news, I listen to NPR to and fro, I need election rehab. My name is MrsGrapevine, I am an Obamaholic…