in Budaya, Download, Jejak Islam

PDF 1001 Penemuan Muslim

Dalam beberapa historiografi sejarah keislaman, selalu dibahas periode kejayaan peradaban Islam yang berada pada periode Dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Diantara keduanya tentu karakter yang cocok untuk disebut masa berkembangnya dunia keilmuan adalah pada zamannya dinasti Abbasiyah. Namun hendaknya kita menyebut bahwa pada dua periode ini Islam telah semerbak dari Eropa ke Asia, sampai-sampai ada seorang ahli yang mengatakan bahwa kekuasaan peradaban Islam pada waktu itu layaknya kepala banteng. Tanduk satu meluas pada wilayah Eropa, sedangkan satunya lagi melebar pada wilayah Asia, sementara hidungya menghempaskan sampai pada jantung Eropa saat itu.

Pengembangan dalam bidang pengetahuan pada dinasti Abbasiyah telah mencapai pada puncak kejayaannya. Sikap terbuka dari pemerintahan dinasti ini, yang tidak tertutup akan dunia-dunia lain, termasuk pengaruhnya, menjadi salah satu kunci keberhasilan pesatnya perkembangan keilmuan pada waktu itu. Terlebih hal tersebut didukung oleh pemimpin Dinasti Abbasiyah sendiri yang sangat cinta akan pengetahuan. Salah satu bukti kecintaan dari pemimpin dinasti ini bisa dibaca pada salah satu kisah yang mengatakan bahwa jika hendak diantara kalian (prajurit-prajurit) yang akan berperang, dan sekiranya diantara dirimu menang, maka jangan kau hancurkan buku-buku yang ada disana, ambilah karena akan dipelajari disini.

Selain itu bukti kecintaan pemimpin terhadap pengembangan ilmu pengetahuan juga bisa kita lihat pada pembangunan salah satu rumah yang dimana, rumah tersebut dikhususkan untuk berkumpulnya para cendik cendikiawan muslim pada waktu itu. Diantara mereka ada yang ahli dalam Fiqh, Sejarah kenabian, Ilmu bahasa, Sastra, Astronomi, filsafat, tasawuf, Agama, Geografi dan sebagainya. Dari sini maka kita mengenal tokoh-tokoh seperti Ibnu Sina, Ibnu Firnas, Ibnu Farabi, Ibnu Rusydi, Al Khawarizmi, Al Ghazali, Ibnu Khaldun dan sebagainya.

Kerinduan dan Harapan Pada Kejayaan

Meski pada saat ini kejayaan umat Islam sudah memudar akan tetapi selalu saja ada rasa kerinduan dan harapan pada kejayaan tersebut. Kerinduan tentunya berangkat dari insan yang diberikan akal untuk selalu melihat kebelakang dan mereksa kembali apa yang harus dirasa dan dipelajari kedepan. Adanya kerinduan tersebut kelak akan menjadi bumbu-bumbu lahirnya sebuah pengharapan akan kejayaan tersebut. Bagaimanapun juga dengan mempelajari sejarah kejayaan Islam tersebut nampaknya sedikit membuat penulis sendiri iri dan berharap masa-masa tersebut kembali lagi.

Berbagai cara dilakukan para ahli untuk mewujudkan hal tersebut dan salah satunya adalah dengan adanya buku berformat Pdf 1001 penemuan Muslim. Pdf 1001 penemuan muslim ini memuat banyaknya penemuan-penemuan penting yang terlahir dari buah tangan orang Muslim pada zaman kejayaannya.

Berbagai penemuan penting yang ada dalam buku ini disajikan secara kategori. Dalam buku ini terdapat 9 kategori berbeda yang diantaranya adalah:

  1. Home
  2. School
  3. Market
  4. Hospital
  5. Town
  6. World
  7. Universe
  8. Knowledge

Dengan adanya buku ini maka setidaknya kita akan mengetahui bagaimana peradaban Islam pada masa itu pernah mengalami masa kejayaanya. Tidak menutup kemudian hal ini akan memicu kembali semangat generasi muda untuk terus berkarya dalam bidang apapun, selama itu didasari atas kekuasaan Allah.

Bagi penulis, tentu saja buku ini sangat bagus, baik untuk pribadi atau juga baik untuk diajarkan kembali pada pelajaran-pelajaran Sejarah atau pada pengajian-pengajian madrasah. Ajak para generasi muda untuk mengenal peradaban Islam yang banyak melahirkan temuan-temuan penting yang mengubah dunia.

Untuk saat ini buku 1001 Penemuan muslim masih tersedia dalam bahasa Arab dan Inggris saja. Bila diantara teman-teman ada yang ingin mendownloadnya, silahkan tinggalkan komentar dibawah yah, salam.

134 total views, 6 views today

Tinggalkan pesan

Comment