in Kajian Budaya, Karya-karyaku

Mengetahui Lebih Dekat Ide Kreatif Pada Datangya.

Seiring dengan perkembangan media & tekhnologi yang kian hari kian tak terbendung, khususnya dalam dunia internet, kita merasa perlu bertanya kepada diri sendiri, apakah kita akan terus berada pada tataran orang-orang yang selalu terbawa arus hegemoni budaya yang mengglobal, ataukah kita bisa menerima hal tersebut dengan menjadikan perubahan tersebut menjadi sebuah mesin yang hidup?

Arus globalisasi, sebagaimana kita tahu adalah suatu tantangan bagi kita semua. Banyak orang-orang yang menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang akan menggilas ideologi yang telah ada. Apabila ditelusuri lebih jauh memang benar kita akan menemukan suatu kebenaran yang dikatakan mereka namun dengan begitu arus globalisasi, hal ini dalam media dan tekhnologi, bukanlah merupakan sesuatu hal yang sangat menakutkan bagi kita.

Saya percaya pada prinsip kehidupan manusia yang berputar seiring dengan apa yang diberikan materi pada kehidupan. Dengan begitu manusia haruslah bisa beradaptasi untuk kemungkinan berbeda yang akan ditemui.

Belajar memanfaatkan apa yang diberikan materi yang ada adalah salah satu jalan bagaimana kita bisa keluar dari arus yang terus menderu. Misalnya dengan kehadiran tekhnologi disatu sisi membuat orang menjadi apatis, lebih individualistis. tapi tidak menutup kemungkinan disatu sisi ternyata mereka bisa menjadi seorang blogger yang dalam prosesnya terdapat kampung global, kita bisa melihatnya dalam sesi komentar.

Kunci utama dari apa yang harus dikedepankan dalam zaman sekarang adalah bagaimana kita bisa menjadi subjek yang kreatif untuk mengembangkan apa yang ditawarkan media & tekhnologi. Salah satu contoh bagaimana ide-ide kreatif itu muncul sekarang adalah dengan adanya jasa wedding invitation onlinedatangya.

Datangya adalah penyedia layanan undangan pernikahan dalam bentuk website. Kami memberikan sebuah layanan yang praktis bagi anda yang menginginkan sebuah kemudahan dalam mengirimkan Undangan Pernikahan anda ke semua kerabat – kerabat anda secara online. 1

Disini kita melihat bagaimana mereka, datangya, membuat sesuatu ide segar yang sederhana namun membahana bagai badai. Begitu kata syahrini. Ide mereka boleh dibilang sangat kreatif, mengingat prihal diatas, dan boleh dikata sangat menarik untuk pasar.

Disini saya hanya ingin menyinggung bagaimana ide-ide kreatif yang muncul bisa ditemukan pada datangya. Ide kreatif yang akan saya fokuskan terletak pada bagaimana datangya membuat suatu terobosan/ide kreatif dan bagaimana datangya mempunyai sesuatu misi mulia untuk mengajak designer2 lokal untuk berkreasi dalam proses pembuatan theme.

Datangya Wedding Invitation Online: Sebuah Ide Kreatif

Wedding invitation itu sendiri mempunyai sejarah yang panjang sebelum seperti sekarang. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa “A wedding invitation is a letter asking the recipient to attend a wedding” arti dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini “Sebuah undangan pernikahan sejatinya adalah sebuah permintaan kepada para tetamu/teman atau sedulur untuk menghadiri acara pernikahan.”(Wikipedia)

Dan tentunya lain waktu lain pula bagaimana cara penyampaiannya. Zaman sebelum revolusi industri menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan jasa suara seseorang yang berkeliling kesetiap rumah yang dituju. Sebaliknya dengan adanya revolusi industri, yang mengisyaratkan kepada kita tentang hukum perubahan, cara-cara tradisional tersebut sedikit demi sedikit mengalami perubahan sebelum akhirnya tergantikan.

Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa sesuatu perubahan pun tak harus melulu untuk ditakuti keberadaannya. Karena dalam peralihan zaman, suatu perubahan itu mutlak keberadaannya maka diperlukan suatu ide-ide kreatif baru yang harus disesuaikan dengan apa yang diberikan zaman kepada kita. Dengan begitu, setidaknya, kita berhasil menjawab tantangan zaman tersebut.

Datangya merupakan salah satu dari beberapa contoh bagaimana suatu ide kreatif bisa ditumpahkan dalam dunia media & tekhnologi khususnya internet. Meskipun substansi awalnya sama, sebagai sebuah jasa pembuatan undangan pernikahan, dengan zaman sebelum/sesudah revolusi industri tapi ide-ide kreatif mereka menyiratkan beberapa pesan yang berarti kepada kita. Bahwa dengan adanya media & tekhnologi kita bisa membuat suatu ide yang menghasilkan.

Apa yang ditawarkan oleh datangya merupakan suatu hukum perubahan yang senantiasa berlaku, artinya undangan pernikahan yang pada waktu dulu hanya berupa suara dan kertas saja, sekarang hal terrsebut bisa ditransformasi menjadi sebuah media berupa website sederhana yang minimalis dan aduhai sangat menarik untuk dipandang.

Justru datangya tahu betul bahwa kita sekarang ini berada pada zamannya global village 2 setiap hari atau bila perlu setiap menit, kita tak bisa terlepas dari dunia media tekhnologi khususnya, internet. Dengan memanfaatkan media internet inilah datangya membuat suatu kekreatifan yang patut kita acungkan jempol. Karena dengan kehadirannya lebih memudahkan kita mengetahui kalau-kalau ada teman jauh kita yang akan melaksanakan pernikahan.

Apa saja Yang ditawarkan Datangya      

Dalam buku yang ditulis oleh salah seorang pakar kajian budaya kontemporer, Jhon Hartley disebutkan bahwa industri kreatif adalah industri yang menampung talenta kreatif tradisional dalam bidang desain, pertunjukan, produksi, dan kepenulisan. Industri kreatif mengkombinasikan semua ini dengan produksi media dan tekhnik distribusi (untuk skala) dan tekhnologi interaktif baru (untuk kostumisasi) dengan tujuan menciptakan dan mendistribusikan isi kreatif ke seluruh sektor jasa dari ekonomi baru. 3

Apa yang dikatakan oleh Hartley diatas sebenarnya lebih bagus untuk disimpan pada bagian kesimpulan tulisan ini. Karena yang dikatakan oleh beliau itu ternyata 90% ada pada datangya. Tapi alangkah baiknya apabila saya menjelaskan sedikit fitur2 yang ditawarkan oleh datangya sesuai dengan apa yang pikirkan dan refferensi yang sudah ada.

Datangya sebagai sebuah jasa wedding invitation online bukan hanya bergerak sebagai sebuah usaha saja akan tetapi mereka juga bergerak pada tataran yang lebih jauh lagi. Datangya telah berhasil menjadi sebuah media bagi para designer-designer Indonesia yang berbakat untuk mencurahkan apa yang mereka buat.

Dengan sistem affiliasi yang ditawarkan oleh datangya saya jamin bagi mereka para web designer tidak akan rugi membagikan hasil karyanya kepada datangya. Sebaliknya datangya justru sangat menghargai apa yang telah diberikan.

Lain designer maka lain pula tampilan tema-tema undangan yang bisa kita pilih. Karena setiap designer mempunyai imajinasi tersendiri untuk berkarya maka hasilnya pun akan berbeda satu sama lain.

Sementara untuk fitur-fitur yang ditawarkan datangya meliputi keseluruhan apa yang selalu ada dalam kartu undangan seperti biasanya. Namun dengan sedikit sentuhan berbeda karena disesuaikan dengan media website.

Untuk memudahkan mencari lokasi pernikahan maka tersedialah google map yang terlihat lebih artistik dari map-map yang telah ada sebelumnya. Untuk sesi interaktif maka tersedialah daftar tamu yang didukung dengan menggunakan akun facebook, sehingga memudahkan kita untuk berkomunikasi. Untuk waktu dan pelakasanaanya disediakan pula dengan menggunakan sistem countdown dengan berjalan mundur. Dan yang terakhir, mungkin yang paling utama, adalah kita juga bisa menampilkan foto-foto terbaik momen dalam kisah cinta yang terajut dalam asmara, khususnya prewedd sih hhe.

Sangat menakjubkan bukan? So what are you waiting for? Just visit their website for further information www.datangya.com.

Salam Penutup dan Salam Selamat

Dengan adanya jasa yang ditawarkan datangya bukan hanya kita bisa dimudahkan untuk memberi tahu hari terbaik kepada seluruh teman yang dekat atau yang jauh. Akan tetapi kehadiran datangya menurut saya bisa lebih dari itu, karena seperti yang telah saya katakana dimuka, bahwa datangya telah berhasil menjadi sebuah jasa yang menampung ide-ide kreatif menjadi sebuah produksi baru dizaman media & tekhnologi ini.

Salam hangat dan semoga sukses selalu untuk datangya.

Referensi:

  1. klik disini situsnya → datangya
  2. Marshal McLuhan on Understanding Media
  3. Communication, Cultural, & Media Studies, Konsep Kunci.

Tinggalkan pesan

Comment

  1. “datangya” ini gaya baru cara nyebar undangan…. dulu yg biasa nyuruh orang buat ngasih undangan dr rumah ke rumah, kini “datangya” hadir cukup di klik situsnya, keluar dah data-datanya. Klo gitu pekerjaan tambahan nich memperkenalkan situs “datangya” ke pengguna internet dong ya….

  • Related Content by Tag